PAMENGKANG JAGAD
Diganti dan diberhentikan dari pekerjaan Tanpa Alasan
PAMENGKANG JAGAD · post 2 bulan yang lalu
Salam Hormat kepada para Ahli Hukum,
1. Ada seorang pekerja bernama si A bekerja pada perusahaan konsultan pengawas proyek dengan posisi Tenaga Ahli, si A juga merupakan salah satu Tenaga Ahli yang namanya termaktub di kontrak yg telah dinyatakan lulus kualifikasi oleh panitia tender sehingga menyebabkan perusahaan tsb memenangkan tender pengawasan tsb, dalam hal ini si A sering disebut sebagai "Usulan Teknis"
2. Si A sebagai usulan teknis kemudian di mobilisasi bekerja sebagai tenaga ahli selama kurun waktu sampai pekerjaan selesai, sesuai dengan surat pernyataan kesediaan ditugaskan yang disetujui oleh Direktur Perusahaan dengan Gaji yang sudah disepakati bersama.
3. Selama kurun waktu bekerja selama 11 bulan, tiba2 bulan ke-11 "TANPA PEMBERITAHUAN DAN ALASAN LISAN DAN TULISAN" si A didemobilisasi/diberhentikan dari proyek tempatnya bekerja dengan surat demobilisasi dari direktur perusahaan dan digantikan dengan orang lain.
4. Si A kemudian membuat surat tanggapan yg isinya keberatan terhadap pemberhentian/penggantian tsb.
5. sampai saat ini sudah berjalan tiga bulan perusahaan belum memberikan jawaban apa2 prihal surat si A, dan si A sudah tidak bekerja lagi di proyek tersebut.
6. Namun TANPA PEMBERITAHUAN ALASAN SECARA LISAN DAN TULISAN perusahaan masih memberikan gaji tiap bulannya dengan besaran yg sudah berkurang jauh dari gaji yang diterima sebelumnya, dan setiap bulannya juga tidak sama.
7. Langkah2 apa yang harus ditempuh si A agar dapat memperoleh keadilan.
8. Mohon tanggapan dari para Ahli Hukum, tks
Kancil Tua
Kancil Tua -  Dosen
Saya menyarankan untuk terlebih dahulu meneliti kontrak kerja, terutama berkaitan dengan hak dan kewajiban.
Saya melihat posisi konsultan itu digantung antara PHK dan tidak. Nah, posisi gaji yg masih diterimanya sesuka hati pengusaha ini tidak benar. Maka dilihat jumlah gaji yg disepakati dalam perjanjian, jika tidak sesuai maka buatlah laporan kepada Lembaga Pengupahan yg berwenang ttg pengupahan.
Trims...
Dibalas 2 bulan yang lalu
Diana Adinata
Diana Adinata
Kasihan benar itu si konsultan, nasibnya tidak jelas. Pengusahanya tidak beritikad baik. Saya menyarankan terlebih dahulu si konsultan mempertanyakan statusnya kepada pengusaha, secara tertulis. Agar jelas statusnya.
Jika sengketanya berkaitan dengan pengupahan atau gaji yg tidak sesuai dengan kontrak dan UMR maka silahka dilaporkan ke lembaga pengupahan, dan setahu saya pemberian upah dibawah UMR ada aturan pidananya. Ada penyidik khusus dari PPNS di dinas ketenagakerjaan.
Tetapi jika sengketanta berkaitan dgn status ketenagakerjaan maka silahkan untuk melakukan upaya bipartit dan jika tidak ada solusi lakukan tripartit di dinas ketenagakerjaan setempat...
Trims
Dibalas 2 bulan yang lalu
Login untuk membalas.

LEGALCARE

Kami peduli menyediakan ruang diskusi hukum, disertai kemudahan mencari advokat/pengacara yang akan membela secara profesional.

FORum

Discuss

Stories

Browse

Your Account

Login Register

Contact

hi@legalcare.com
© 2015 - 2020 Legalcare by PT. Litigasi Gemapers Keadilan. All Rights Reserved. Born in Indonesia, ID.