Dodi syahputra
Sewa rahim
Dodi syahputra · post 4 bulan yang lalu
surrogate mother adalah perjanjian antara seorang wanita yang mengikatkan diri melalui suatu perjanjian dengan pihak lain (suami-isteri) untuk menjadi hamil terhadap hasil pembuahan suami isteri tersebut yang ditanamkan ke dalam rahim orang lain.

belum ada payung hukum untuk sewa rahim ini

Dan ketika ada suatu masalah bagaimana penyelesaian nya dan masalah di kemudian hari yang penyelesaiannya sangat sulit.
Irvan Zakaria
Irvan Zakaria -  Advokat
Terkait dengan praktek surrogate mother (ibu pengganti) memang benar tidak dapat diterapkan di indonesia, karena tidak ada aturan yg secara khusus mengaturnya, dan hal ini sejalan dengan amanah UU No. 36 THN 2009 ttg kesehatan , khususnya dlam Pasal 127 ayat (1) yg mengatur mengenai upaya kehamilan di luar cara alamiah hanya dapat dilakukan oleh pasangan suami/istri yg sah.. sementara sewa rahim terjadi bukan melibatkan pihak yg sah melainkan meminjam rahim wanita lain .. kemudian terkait perjanjian sewa rahim sepertinya para pihak tidak mempunyai perlindungan hukum yg kuat, meskipun pasal 1338 kuhperdata mengatur yg namanya asas kebebasan berkontrak,, bukan berarti para pihak yg membuat perjanjian bisa berbuat semaunya tanpa memperhatikan syarat sahnya suatu perjanjian sebagaimana amanah Pasal 1320 Kuhperdata salah satunya mengenai poin " suatu sebab yang halal" artinya tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan lainnya maupun norma kesusilaan.. masalah lain yg juga harus mendapat perhatian khusus terkait sewa rahim yaitu hak-hak anak yg lahir dari perjanjian sewa rahim diantaranya mengenai " hak identitas diri" bagi anak yg baru lahir harus juga di catatkan di akta kelahiran sebagaimana yg diatur dalam UU perlindungan anak.
Dibalas 4 bulan yang lalu
Bambang Santoso
Bambang Santoso -  Advokat
Apabila terjadi sengketa si penyewa rahim sulit mendapatkan perlindungan hukum karena tidak ada hukum yg mengaturnya.
Banyak mudharat dari sewa rahim itu, terutama menentukan nasab atau garis keturunan yg turunannya menjadi persoalan tentang kewarisan.
Dibalas 4 bulan yang lalu
Login untuk membalas.

LEGALCARE

Kami peduli menyediakan ruang diskusi hukum, disertai kemudahan mencari advokat/pengacara yang akan membela secara profesional.

FORum

Discuss

Stories

Browse

Your Account

Login Register

Contact

hi@legalcare.com
© 2015 - 2020 Legalcare by PT. Litigasi Gemapers Keadilan. All Rights Reserved. Born in Indonesia, ID.